Selasa, 07 April 2009

Pemilu 2009: Semoga Aman dan Damai

Kata Amien Rais, kekacauan pemilu 2009 berasal dari komputer KPU. 

Saya dan istri untuk pemilu 2009 mendapatkan kartu pemilih (C4) ganda. Saya sudah lapor ke RT tempat tinggal saya. Saya pun sudah memutuskan untuk menggunakan hak pilih saya satu saja. Nggak mungkin khan nyontreng dua kali. 

Sementara kakak ipar malah tidak mendapatkan kartu pemilihnya, demikian juga dengan tetangga dekat rumah. 

Salah siapa coba? ketika pemerintah via KPU mengajak semua warganya untuk ikut pemilu tetapi administrasi pemilih sangat kacau balau. Belum lagi daerah-daerah lain. Teman saya cerita ada satu wilayah yang warganya tidak ada di daftar pemilih. Bukan satu atau dua orang tetapi sampai puluhan warga.

Sebenarnya gimana sih cara KPU mendata warganya?. Kayaknya hal seperti ini dianggap enteng. Di koran setiap hari petinggi KPU selalu mengatakan semuanya akan OK ketika hari H. Padahal kekisruhan yang muncul setelah pemilu hanya akan menambah masalah dan legitimasi pemerintahan periode baru. Bagaimana kalau pemerintah hasil pemilu 2009 dijatuhkan karena dianggap tidak sah.

Mudah-mudahan kekhawatiran itu tidak akan terjadi. Karena rasa aman dan damai adalah landasan utama agar bangsa ini maju. Kalau setiap hari kisruh bagaimana pemerintahan bisa jalan dan perekonomian akan tumbuh. Semakin sengsara saja bangsa ini.

Partai politik harus bisa menjaga keabsahan pemilu ini. Mereka harus bersatu bahwa apapun hasilnya itulah yang terjadi. Tidak ada gugat menggugat apalagi memprovokasi masyarakat untuk menjatuhkan hasil pemilu 2009. KPU tidak bisa disalahkan 100% walaupun hasil ini adalah kerja keras mereka. Parpol juga harus turut aktif mengawasi pelaksanaan pemilu dan menjaga hasil pemilu. Mudah-mudahan apa pun hasilnya parpol tidak gontok-gontokan. Karena semua itu rakyatlah yang akan menanggung deritanya khususnya rakyat miskin.

salam damai

3 komentar:

  1. Hello,

    Aku juga baru buat tulisan tentang Pemilu. Tulisan punya judul "Pemilu...!" Lihat di halaman blogspotku di ini, ya?

    Juga ada blog facebook-ku, di sini .

    Terus, tiku bikin cause "Awasi Pelaksanaan Pemilu" di facebook. Ikut ya?


    Thanks,
    D-

    BalasHapus
  2. ada pemilu atau tidak nasib kami tak berubah
    hanya pergantian rejim saja dan sakitnya bertambah dalam

    BalasHapus